Pilihan Lantai Terbaik : Perbedaan Lantai Vinyl dan Parket

Memiliki rumah adalah impian setiap orang, terlebih rumah yang dibangun sesuai dengan keinginan sesuai dengan pepatah “Rumahku,Surgaku”. Anda tentu memiliki rumah impian masing-masing yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Beberapa dari anda mungkin ada yang mengingkan rumah yang memiliki kesan nyaman, atau beberapa lainya menginginkan rumah yang memiliki kesan minimalis. Untuk mendapatkan rumah terbaik, banyak hal yang harus diperhatikan seperti lokasi rumah, bahan bangunan yang dipilih, desain interior yang sesuai dan banyak hal lainya. Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah pemilihan bahan untuk lantai rumah anda.

Mengapa Pemilihan Lantai Penting?

Pemilihan lantai untuk rumah atau bangunan anda akan berpengaruh pada kenyamanan anda saat menghuni rumah atau bangunan tersebut. Banyak aktifitas yang akan dilakukan di lantai terlebih jika anda sudah memiliki keluarga dan anak. Pemilihan lantai ini juga akan berpengaruh pada biaya perawatan dan pemasangan yang harus anda keluarkan.
Baca Juga: "Cara Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x4"

Perbedaan mendasar Lantai Vinyl dan Parket

Pilihan lantai yang bisa anda pilih dalam menghias rumah anda diantaranya adalah Lantai Vinyl dan Parket.  Anda yang awam tentu saja bingung apa perbedaan dari lantai vinyl dan parket. Artikel ini akan membantu anda memilih lantai terbaik untuk rumah impian anda.

Jika anda memiliki dana yang terbatas dan menginginkan lantai yang memiliki corak dan warna yang sesuai dengan keinginan anda, maka lantai vinyl adalah pilihan yang tepat. Lantai ini memiliki bahan yang berasal dari Polyvinyl Chloride (PVC). Bahan ini membuat lantai vinyl memiliki tekstur yang elastis serta halus dan mudah dalam pemasanganya. Kelebihan dari lantai ini adalah banyak warna dan corak yang bisa anda pilih serta perawatan yang mudah dalam penggunaan sehari-hari.


Setelah anda mengenal sedikit tentang lantai vinyl maka anda juga harus mengenal dan mempertimbangkan lantai parket yang juga sangat cocok untuk menghiasi rumah impian anda. Perbedaan lantai vinyl dan parket ini bisa dilihat secara jelas pada bahan kedua lantai ini.

Lantai parket berasal dari serbuk kayu ataupun lempengan kayu yang dipress sehingga membentuk lempengan kayu baru. Menggunakan lantai parket ini akan memberikan kesan hangat pada rumah anda. Lantai ini juga bisa diaplikasikan di bangunan seperti villa ataupun perkantoran sehingga menghasilkan kesan nyaman dan seperti dirumah.

Dalam perbedaan lantai vinyl dan parket ini yang perlu anda perhatikan adalah cara memasang atau pengaplikasikan lantai ini di rumah atau bangunan anda. Pemasangan lantai vinyl biasanya lebih mudah dan bisa dilakukan semua orang tentu dengan prosedur yang benar sehingga lantai bisa terpasang dengan baik.

Sedangkan pada lantai parket biasanya pemasangan dilakukan oleh orang-orang yang sudah biasa memasang lantai ini. Pemasangan lantai parket membutuhkan perhatian khusus dikarenakan biasanya lantai parket memiliki motif-motif yang harus disusun sehingga menghasilkan lantai yang dekoratif dan bagus dilihat.


Perbedaan lantai vinyl dan parket ini juga ada pada ketahanan dalam penggunaan lantai ini. Pada lantai vinyl ketahanan nya bisa dibilang lebih baik dikarenakan bahan dasarnya yang tahan lembab sedangkan pada lantai parker tergantung pada penggunaan sehari-harinya. Jika dilihat secara penggunaan lantai vinyl dapat bertahan 10-20 tahun pemakaian sedangkan lantai parket dapat bertahan 5-10 tahun.

Pada dasarnya pemilihan lantai akan sangat bervariatif pada setiap orang dikarenakan kebutuhan dan keinginan dari setiap orang berbeda-beda. Semoga dengan adanya artikel ini anda bisa mendapatkan gambaran lebih jauh mengenai jenis lantai yang akan anda pilih.

Postingan Populer