Lantai Vinyl Karet, Lantai Cantik Harga Bersahabat

Dalam dunia desain interior, lantai umumnya adalah bagian terakhir yang diselesaikan. Meskipun begitu, desain lantai menjadi aspek yang sangat krusial untuk mempercantik rumah atau bangunan. Misalnya, untuk menciptakan kesan bangunan mewah, umumnya lantai menggunakan lapisan dengan bahan keramik atau granit.

Sedangkan untuk menciptakan kesan natural, desain lantai cenderung menggunakan lantai parket dari material kayu. Sayangnya, lantai parket dan lantai granit memiliki harga relatif mahal dan kelemahan tertentu. Lantai parket tidak tahan di segala cuaca sedangkan lantai granit mudah retak dan memuai.

Di tengah kendala ini, lantai vinyl karet hadir sebagai alternatif dalam mempercantik lantai. Bahan dasar lantai vinyl karet adalah polyvinyl chloride (PVC) yang halus dan elastis, sehingga pemasangan lantai menjadi lebih mudah dibandingkan lantai jenis lainnya. Umumnya, lantai vinyl dibuat untuk meniru motif tertentu seperti kayu, bebatuan, marmer dan keramik. Sehingga, bisa dikatakan bahwa lantai vinyl adalah tiruan dari jenis lantai lainnya.

Lantai Vinyl Karet Tahan Akan Segala Cuaca

Berbeda dengan lantai parket, lantai vinyl tahan di segala cuaca. Ketika lantai parket bersentuhan dengan cuaca panas, perlahan lantai akan memuai, mengelupas lalu terangkat. Begitu pula ketika lantai parket bersentuhan dengan air. Lantai parket dapat lapuk dan dihinggapi rayap. Lantai vinyl karet memiliki bahan yang kuat dan anti air serta kelembaban. Hal ini menyebabkan permukaan lantai tetap bagus dan tahan lama meskipun terkena panas, dingin, ataupun air. Diperkirakan, lantai vinyl karet dapat tahan 10 hingga 20 tahun dari masa pemasangan.

Pemasangan Mudah dengan Lantai Vinyl Karet 

Selanjutnya, Lantai vinyl terbuat dari karet yang sangat elasitis. Hal ini membuat lantai vinyl lebih mudah dipasang dibandingkan jenis lantai lainnya. Apabila lantai parket dan lantai granit harus dipasang satu-per-satu, lantai vinyl karet hanya perlu digelar di atas permukaan lantai. Ibaratnya, lantai vinyl seperti stiker yang mudah dipasang dan dicabut. Sehingga apabila Anda ingin mengubah desain lantai, tidak perlu usaha dan waktu lama untuk mengganti motif yang lebih sesuai dengan selera Anda.

Harga Murah dengan Pilihan Motif Beragam

Lantai vinyl karet dibuat untuk meniru motif lantai-lantai jenis lainnya. Oleh karena itu, lantai vinyl mungkin terlihat ‘palsu’. Namun dengan alternatif ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dengan keunggulan yang tahan lama. 

Beberapa motif lantai vinyl karet adalah planktiledan karpet. Lantai vinyl motif plank memiliki motif seperti kayu sehingga umumnya di sebut sebagai motif kayu vinyl plank. Desain motif ini sangat cocok untuk desain bernuanasa etnik atau alam. Selanjutnya adalah motif tile. Lantai vinyl karet motif tile menyerupai motif lantai granit dan keramik.

Namun, Anda tidak perlu khawatir lantai akan retak atau tergores karena tekstur lantai bukan keramik sungguhan. Terakhir adalah motif karpet. Lantai dengan bahan karpet umumnya menggunakan bahan nilon atau kapas. Hal ini menyebabkan lantai tidak bisa terkena air dan rawan kotor. Meskipun begitu, motif karpet sangat populer terutama untuk desain kamar agar menciptakan kesan nyaman. Oleh karena itu, lantai vinyl karet motif karpet dapat menjadi alternatif untuk desain lantai kamar.

Dengan beragam desain motif tersebut, lantai vinyl karet dijual mulai dari harga Rp 120.000 hingga Rp 200.000. Hal ini tentunya jauh lebih murah dibandingkan harga lantai parket atau keramik yang bisa mencapai lebih dari Rp 400.000.

Postingan Populer