5 Kesalahan dalam Membuat Desain Interior Rumah Kecil Minimalis


Desain interior rumah kecil minimalis memang menjadi idola masyarakat saat ini. Hanya saja, untuk membuat desain seperti ini tidaklah mudah, kecuali dibantu dengan tenaga profesional. Tidak jarang masyarakat justru membuat beberapa kesalahan saatmembentuk desain interior minimalis tersebut.
Akibatnya sudah jelas. Rumah justru akan nampak semerawut dan tidak nyaman untuk ditinggali. Sebenarnya, kesalahan apa saja yang sering dilakukan itu? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Menyimpan Banyak Barang

Banyak orang yang merasa sayang untuk membuang barang-barang yang sudah tak digunakan dengan alasan suatu saat bisa digunakan lagi. Padahal, dengan menyimpan banyak barang, justru akan membuat rumah minimalis yang diinginkan tidak tercapai.
Bisa juga, karena tertarik dengan tampilan beberapa furniture, maka semua furniture tersebut dibeli meskipun mempunyai fungsi yang sama. Ini artinya, akan ada penumpukan furniture yang tidak perlu di suatu ruangan dalam rumah tersebut.
Belum lagi jika cara meletakkan furniture tersebut secara sembarangan. Jelas, kesan semerawut justru yang akan muncul dari ruangan itu. Oleh karena itu, sebaiknya meminimalisir penggunaan furniture jika ingin menampilkan desain interior minimalis.

2. Tidak Memperhatikan Pencahayaan

Rumah kecil sangat membutuhkan pencahayaan yang cukup. Sayangnya, banyak masyarakat yang mengabaikan hal tersebut. Alhasil, justru kesan suram dan sumpek yang tampak. Nah, jika Anda tidak ingin seperti ini, pastikan Anda memperhatikan sistem pencahayaan.
Saat siang hari, gunakan sinar matahari sebagai penerangan. Aplikasikan jendela-jendela besar agar sinar matahari dapat masuk rumah secara bebas. Jika malam tiba, gunakan lampu yang bersifat direct maupun indirect. Jangan lupa pula untuk memberikan ilusi ruangan agar rumah tampak lebih lega.

3. Tidak Memisahkan Area

Memang, untuk mengakali rumah minimalis berlahan terbatas, banyak masyarakat yang kemudian menyatukan beberapa area menjadi satu, misal dapur dengan ruang makan atau ruang keluarga dengan ruang tamu.
Sebenarnya, hal ini tidak selalu salah jika semua tertata dengan baik. Sayangnya, karena penyatuan area, maka banyak perabot yang diletakkan tidak pada tempatnya, misal sendok di atas kursi atau meja keluarga. Hal ini jelas akan merusak pemandangan.
Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk menggunakan partisi semi permanen, seperti lemari atau tirai untuk memisahkan area-area yang ada dalam rumah.

4. Memilih Furniture Hanya Sesuai Selera

Banyak masyarakat yang hanya mengandalkan selera pada saat membeli furniture. Saat melihat sofa yang nyaman, langsung membelinya tanpa memperhitungkan apakah pas dan muat dengan ruangan yang ada. Alhasil, ruangan menjadi tampak sumpek. Oleh karena itu, selain berdasarkan selera, Anda juga harus mempertimbangkan ukuran dan fungsi dari furniture yang Anda beli tersebut.

5. Menggantung Banyak Pajangan di Dinding

Memberi pajangan di dinding memang bisa menjadi pemanis ruangan. Hanya saja, menggantung terlalu banyak pajangan di dinding, seperti jam dinding, bingkai foto, atau lukisan, justru akan membuat ruangan menjadi tampak penuh. Sebaiknya, pilihlah dua atau tiga pajangan yang penting saja.
Untuk ukuran maupun cara menggantungnya, sesuai selera. Jika ingin memunculkan kesan dinamis dan kreatif, Anda bisa memasang pajangan tersebut secara acak. Sementara, jika ingin memunculkan kesan rapi, Anda bisa memasang pasangan tersebut secara simetris.
Itulah beberapa kesalahan yang secara tidak sengaja dilakukan sebagian masyarakat saat membuat rumahnya agar terkesan minimalis.
Semoga, Anda bisa menjadikan sebagai pelajaran dengan menghindari semua hal tersebut. Selamat menciptakan rumah idaman!

Postingan Populer