Lantai Vinyl untuk Outdoor, Bisakah? Berikut Tips Penggunaannya

Pernahkah Anda melihat desain rumah menggunakan bahan kayu atau terlihat seperti kayu? Penggunaan lantai kayu ini memang banyak digandrungi saat ini. Salah satu jenis bahan lantai kayu yang dianggap paling murah dan mudah penerapannya adalah lantai vinyl. Meskipun bukan terbuat dari bahan kayu asli, namun motifnya tidak jauh berbeda dengan lantai kayu kebanyakan. Namun, bisakah penggunaan lantai vinyl untuk outdoor?
Lantai Vinyl untuk Outdoor

Pertanyaan ini seringkali diajukan oleh beberapa kalangan. Pasalnya, lantai vinyl ini dianggap kurang cocok untuk pemakaian luar ruangan. Hal ini dikarenakan keadaannya yang mungkin bisa berubah jika terlalu sering terkena sinar matahari dan mudah tergores. Meskipun demikian, sebetulnya Anda tetap bisa mengaplikasikannya pada area outdoor. Asal, memerhatikan beberapa tips berikut ini.

Perhatikan Kualitas Lantai Vinyl untuk Outdoor

Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan ketika Anda akan menggunakan lantai vinyl murah, maka perhatikan kualitasnya. Kualitas ini tentu sangat penting agar vinyl tetap bagus meskipun digunakan untuk outdoor. Salah satu cara dalam menentukannya adalah memilih vinyl yang tahan ketika ditekuk maupun ditekan.

Jika vinyl tidak mengalami perubahan atau bahkan patah ketika ditekuk, maka bisa jadi kualitasnya cukup baik. Tak hanya itu, melihat permukaan vinyl secara keseluruhan pun mesti dilakukan. Pasalnya, tidak sebaiknya Anda memilih vinyl yang pecah atau mempunyai permukaan yang tidak sempurna. Vinyl yang bagus, tentu tidak akan mengelupas atau pecah.  Hal ini dikarenakan teksturnya yang memang sistematis dan bagus.

Pilih Vinyl yang Tahan Panas

Vinyl yang Tahan Panas

Agar mendapatkan lantai vinyl yang berkualitas, maka perlu diperhatikan sifat dan ketahanannya. Jika dipasangkan di area outdoor, tentu akan sering terpapar terik matahari, hujan, dan hal lainnya. Untuk menguji ketahanannya, terlebih tahan terhadap panas maka Anda bisa langsung mengecek vinyl yang akan Anda gunakan.

Anda bisa melakukan pengecekan dengan mencoba menempelkan api kepada salah satu bagian vinyl. Jika tidak terbakar, maka kualitas vinyl itu bagus dan patut dijadikan pilihan. Termasuk abu atau kotoran lainnya yang mudah dibersihkan. Dengan demikian, ketika di luar vinyl bersinggungan dengan panas bahkan api, maka tidak akan langsung terbakar.

Tahan Akan Goresan

Tips selanjutnya dalam menggunakan lantai vinyl untuk outdoor adalah melihat ketahanannya akan benda tajam. Beberapa vinyl, terlebih yang kualitasnya biasa saja, akan mudah sekali tergores oleh benda-benda tajam. Untuk itu, ketika Anda akan menggunakannya untuk area luar, maka pastikan bahwa vinyl tahan akan goresan.

Seperti yang diketahui, area luar cukup ekstrim. Pastinya banyak hal yang memicu permukaan lantai rusak atau tergores. Jika kualitas tidak diperhatikan, malah akan memakan banyak biaya untuk penggantian lantai karena kerusakan yang terjadi terus-menerus.

Bersihkan Rutin dengan Cara yang Tepat

Tak hanya beberapa tips sebelumnya, penggunaan lantai vinyl untuk dipasangkan di area luar pun harus memerhatikan tata cara membersihkannya.  Jenis lantai ini harus diperhatikan secara teliti dengan cara yang tepat agar awet. Caranya pun cukup beragam, Anda bisa menggunakan double bucket, yang mana salah satu airnya ditambahkan pembersih khusus vinyl.

Bisa juga dengan menggunakan vacum Cleaner agar lebih efektif. Jika ada noda membandel, tambahkan cairan seperti MPC atau menggosoknya dengan scot bright agar bersih kembali. 

pada dasarnya, lantai vinyl ini memang bisa Anda gunakan untuk mendekorasi area luar Anda. Namun dalam penggunaan lantai vinyl untuk outdoor haruslah teliti dan menggunakan jenis vinyl yang berkualitas. Dengan begitu, budgeting bisa diminimalisir, ketahanannya pun jadi lebih lama.

Postingan Populer